• Ming. Jul 21st, 2024

Kiat dan Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Beromset Jutaan

Byadmin

Mar 1, 2022 #investasi UMKM
investasi UMKMKiat dan Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Beromset Jutaan

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi covid-19 memang memukul di banyak sektor kehidupan khususnya perekonomian. Kita tentu sudah sering melihat banyak pekerja atau karyawan yang dirumahkan atau bahkan di phk hingga bangkrutnya suatu bisnis atau usaha.

Akan tetapi hidup terus berlanjut, kita tidak boleh menyerah kepada keadaan. Sebab masih banyak peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan sumber penghasilan baru. Salah satu cara untuk mendapat penghasilan adalah dengan memulai sebuah usaha atau bisnis yang bahkan bisa kita mulai dari rumahan.

Bila Anda seorang ibu rumah tangga, mencuci pakaian tentu sudah menjadi rutinitas bukan. Selain itu bila Anda tinggal di tengah mahasiswa kos atau pekerja yang sibuk, usaha laundry rumahan bisa menjadi solusi untuk mendapatkan penghasilan. Jasa seperti ini tentu sangat marak dan banyak dicari di daerah-daerah seperti itu.

Kiat dan Cara Membuka Usaha Laundry Rumahan Untuk Pemula

Usaha laundry rumahan bisa menjadi pilihan bagi mereka khususnya ibu rumah tangga untuk memperoleh penghasilan tambahan. Bahkan usaha laundry bisa menjadi usaha dengan modal minim namun bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Di jaman seperti sekarang ini, mendapatkan modal usaha tidak menjadi masalah utama untuk memulai suatu usaha. Bagi mereka khususnya ibu rumah tangga, Amartha menyediakan permodalan usaha untuk kemajuan UMKM Indonesia. Fokus utama Amartha adalah investasi UMKM untuk kemajuan usaha yang digeluti oleh ibu rumah tangga.

Bila Anda akan memulai usaha atau mengembangkan usaha, bergabunglah dengan program #100RibuSejutaPeluang Amartha untuk mendapatkan modal usaha secara mudah dan bunga ringan.

Ada beberapa kiat dan cara yang bisa Anda lakukan agar sukses menjalani usaha laundry rumahan. Berikut beberapa kiat dan cara membuka usaha laundry rumahan untuk pemula agar bisa sukses :

1. Pastikan lokasi Anda tepat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, lokasi memang berperan penting dalam bisnis yang satu ini. Lokasi sendiri juga akan berpengaruh terhadap modal yang Anda butuhkan. Bila Anda tidak tinggal di lokasi yang tepat seperti lingkungan mahasiswa kos atau pekerja yang sibuk, menyewa ruko bisa menjadi pilihan. Namun tentunya Anda juga harus mempertimbangkan biaya sewa dan lainnya. Lain halnya bila Anda tinggal di lokasi yang tepat, maka kita hanya perlu memikirkan biaya untuk listrik, air, tenaga dan promosinya saja.

2. Penentuan harga

Dengan banyaknya usaha laundry, faktor harga tentu akan sangat mempengaruhi pilihan konsumen. Sebelum memulainya, sebaiknya lakukan survei lebih dulu sehingga Anda bisa menetapkan harga yang sesuai. Dengan memulainya dari rumahan, tentu harga yang bisa kita tawarkan dapat bersaing dengan lainnya.

3. Jangan sepelekan mutu pelayanan

Selain faktor harga, masalah pelayanan juga memegang peranan penting dalam bisnis laundry rumahan. Pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik untuk pakaian konsumen, dan bila ingin mempekerjakan karyawan maka pastikan ia kompeten dalam bidang ini.

Pelayanan yang baik bisa membuat konsumen akan berlangganan menggunakan jasa laundry Anda. Pastikan pula untuk berhati-hati dengan pakaian konsumen, jangan sampai pakaian mereka rusak atau luntur ketika menggunakan jasa laundry Anda.

4. Pertimbangkan waktu

Faktor lainnya yang menjadi kunci sukses usaha laundry adalah masalah waktu. Jangan kecewakan pelanggan Anda yang sibuk dengan membuat mereka menunggu lama agar pakaiannya bersih, rapi dan wangi. Pastikan Anda mempunyai opsi bila cuaca lebih sering hujan, lakukan antisipasi contohnya dengan mempunyai pengering sendiri.

5. Beri berbagai opsi pelayanan

Jangan hanya fokus pada satu jenis layanan saja, usaha laundry rumahan juga harus mempunyai beberapa jenis layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Sebagai contohnya Anda bisa membebaskan pelanggan memilih parfum, layanan antar jemput laundry, hingga paket layanan yang disesuaikan dengan durasi pengerjaannya.

6. Lakukan pemasaran dan promosi yang menarik

Selain melakukan pemasaran secara konvensional seperti membagikan prosur hingga membuat banner, di jaman sekarang kita juga bisa memanfaatkan platform online. Bermodalkan gadget dan koneksi internet, kita bisa melakukan pemasaran usaha laundry melalui media sosial dan platform lainnya. Selain itu Anda bisa memberikan promo menarik seperti diskon dengan syarat khusus, gratis cuci setelah memenuhi ketentuan tertentu, dsb untuk menarik minat pelanggan.

Selain membuka sebuah usaha, Amartha juga menyediakan layanan untuk Anda yang ingin berinvestasi bagi UMKM di Indonesia. Anda tidak perlu khawatir, sebab berinvestasi di Amartha bisa dimulai dari 100 ribu saja. Melalui program #100RibuSejutaPeluang dari Amartha, 100 ribu Anda bisa menjadi Sejuta Peluang untuk memajukan berbagai UMKM di Indonesia.

Kapan lagi bisa berinvestasi dengan modal kecil, untuk info lebih lengkapnya kunjungi saja https://amartha.com/ dan dapatkan kemudahan berinvestasi maupun mendapatkan permodalan bersama Amartha. Bersama Amartha mari kita majukan UMKM Indonesia untuk kemajuan perekonomian bangsa.

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *